Home » , » Makan Jajanan Sembarangan 32 Murid SD dan TK Keracunan

Makan Jajanan Sembarangan 32 Murid SD dan TK Keracunan

Written By suararakyat on Monday, March 9, 2020 | 10:28 AM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Puskesmas Kutamendala kecamatan Tonjong kabupaten Brebes tangani puluhan murid SD dan TK yang diduga keracunan makanan/jajanan Cilor (Aci dan telor), mereka dapatkan makanan yang dibeli dari pedagang keliling yang mangkal disekitar sekolahnya, hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Kutamendala diruang kerjanya Senin (09/3)

Kepala Puskesmas Kutamendala Edi Purwanto, S.Kep, M Kes membenarkan, puskesmas yang dipimpinnya telah memberikan penanganan terhadap puluhan murid SD dan TK yang diduga keracunan jajanan yang dibeli di lingkungan sekolahnya, pada hari Sabtu 07 Maret kemarin, namun kondisi mereka telah kembali sehat dan diperbolehkan pulang.

Sementara kasus korban yang diduga keracunan telah ditangani pihak petugas dan sebagai sampel makanan juga telah dikirim untuk diteliti di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), ujarnya.

Dijelaskan Edi mereka yang diduga keracunan berjumlah 32 murid SD 01 dan TK Pertiwi desa Kutayu kecamatan Tonjong bahkan ada 5 orang dewasa dan 1 orang ibu hamil, mereka dapat ditangani karena segera dilarikan ke Puskesmas, sehingga dapat tertolong.

"Kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi pentingnya keberadaan tempat pertolongan/penanganan kesehatan" jelas Edi.

Menurutnya, tindakan mereka untuk segera membawa korban yang diduga keracunan ke Puskesmas ini pilihan yang sangat tepat, sehingga agar mendapatkan penanganan medis, pihaknya menghimbau kepada masyarakat manakala merasa ada gejala penyakit agar segera diperiksakan ke tempat pelayanan kesehatan/medis dan jangan sampai gejala penyakit itu dibiarkan lama berkepanjangan, ujarnya.

Lanjut Edi, saya meminta seluruh masyarakat desa binaan Puskesmas Kutamendala agar dapat berprilaku hidup sehat dan menjaga/awasi anak anaknya membeli makanan/jajanan sembarangan yang dijajagan oleh penjual keliling yang bermangkal  disekitar sekolah. imam(r)
Share this article :