Niat Bangun Rumah, Seorang Warga Temukan Mortir - suara rakyat
Home » , » Niat Bangun Rumah, Seorang Warga Temukan Mortir

Niat Bangun Rumah, Seorang Warga Temukan Mortir

Written By suararakyat on Thursday, March 19, 2020 | 10:05 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com) - Sebuah mortir yang diduga peninggalan perang kemerdekaan ditemukan beberapa warga saat meratakan tanah untuk membangun sebuah rumah di desa Limbangan Rt 01/06 desa Tambakserang kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes Kamis (19/3).

Hasil keterangan yang dihimpun, penemuan sebuah Mortir oleh warga  diduga peninggalan perang kemerdekaan yang tidak meledak dan tertamam di tanah milik Sutrisno (52) warga setempat.

Pemiliknya bersama Lima orang warga lainnya berencana meratakan tanah Sutrisno guna membuat rumah buat anaknya. Sekitar pukul 11.00 Wib mereka mulai menggali dan meratakan tanah, dan salah satu warga yang membantu menggali tanah, saat mencangkul merasakan alat  cangkulnya mengenai benda keras. Setelah digali dan dibersihkan ternyata muncul sebuah benda yang diduga mortir.

Penemuan tersebut keesokan harinya oleh mereka dilaporkan ke Pemdes Tambakserang, dan selanjutnya dilaporkan dan diserahkan ke pihak Koramil Bantarkawung guna pengamanan benda yang diduga mortir tersebut.

Sesepuh warga setempat, menerangkan dahulu di wilayah ini dijadikan pos tentara saat perang kemerdekaan, sehingga diduga mortir tersebut adalah peninggalan pos tentara yang saat itu melaksanakan tugas pos jaga di dukuh Limbangan Desa Tambakserang kecamatan  Bantarkawung.

Danramil Bantarkawung Kapten Inf Nurhadi membenarkan adanya penemuan benda sejenis mortir yang diduga peninggalan perang kemerdekaan yang tidak meledak. Dan benda tersebut masih diamankan di Makoramil Bantarkawung sambil menunggu perintah atasannya, 

"Saat ini mortir tersebut di simpan dalam kotak dan diamankan dimarkas Koramil Bantarkawung sambil menunggu perintah Kodim/atasan", tutur Nurhadi.

Menurut Nurhadi Mortir tersebut adalah peninggalan perang kemerdekaan kalau dilihat kondisi secara fisik keadaannya masih bagus hanya tertutup oleh karat. imam(r)
Share this article :