Home » , , » Puskesmas Buaran Bantarkawung, Sosialisasi Pencegahan Covid 19

Puskesmas Buaran Bantarkawung, Sosialisasi Pencegahan Covid 19

Written By suararakyat on Tuesday, March 17, 2020 | 5:40 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Warga masyarakat di Tujuh desa (Pangebatan, Cibentang, Banjarsari, Cinanas, Karangpari, Telaga dan Waru) yang merupakan desa binaan Puskesmas Buaran kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes kondisi saat ini masih aman, semoga tidak ada terindikasi positif virus corona atau covid - 19. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Buaran Sri Mulyani S.ST MM saat ditemui diruang kerjanya Selasa (17/3).

Sri Mulyani menjelaskan, terkait kabar viralnya ke khawatiran masyarakat akan penularan virus corona atau covid - 19 di Indonesia, Puskesmas Buaran telah berbagai upaya untuk mengatasi pencegahannya, dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, diantaranya edukasi tentang penyebab penularan dan dampaknya serta cara pencegahannya, Penyuluhan secara langsung kepada para pengunjung Puskesmas maupun melalui medsos untuk mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, juga menggelar gerakan minum jamu bersama.

"Untuk mencegah virus corona selalu mimum jamu yang terbuat dari bahan jahe, temulawak, sereh, kunyit dan jeruk nipis, sebagai ketahanan daya tubuh, jelasnya.

Lanjut Sri Mulyani, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetapi tetap waspada terhadap virus corona yang berasal dari luar negeri, dan masyarakat agar dapat meningkatkan stamina/daya tahan tubuh serta ikuti anjuran dari Pemerintah/Dinas kesehatan.

Menurutnya, walaupun kondisi masyarakat desa binaannya masih aman namun tetap diwaspadai dengan segera periksa ketika merasa demam, batuk, pilek dan sesak nafas. Upayakan Kades bermitra dengan Bidan Desa untuk selalu memantau kondisi warganya yang bekerja sebagai TKI /TKW yang pulang dari luar negeri, kemudian melaporkan kepada Puskesmas untuk ditindaklanjuti manakala dijumpai suspect terkena corona, dan Puskesmas akan menghubungi RSUD Brebes dan P 119 Kabupaten Brebes untuk mendapat penanganan lebih lanjut, pungkas Sri Mulyani - imam(r)
Share this article :