Written By suararakyat on Friday, March 13, 2020 | 9:03 AM

Tegal,(suararakyattegal.com),- Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono meresmikan Rumah Susun (RUSUN) Prototype ramah lingkungan dan hemat energi di Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (12/3).

Wali Kota Tegal yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi menyampaikan, bahwa Rusun Prototype tersebut adalah Rusun Eksperimental atau sebagai percontohan.

‘’Ini sebagai percontohan, rusun protype ini ramah lingkungan dan hemat energi".

Lanjut Dedi, Desainnya dari Jepang, diharapkan nantinya sebagai contoh di daerah lain, sehingga daerah lain bisa meniru sesuai kebutuhan orang Indonesia. Bangunannya disesuaikan arah mata angin, perlengkapan karbon-karbon dan dindingnya khusus menyerap panas, sehingga siklus udara bisa diatur dengan dindingnya, Ada pengaman jendela, ada fentilasi  sehingga tidak panas dan siklus udara sejuk,’’ ujar Dedy Yon.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi menambahkan, bahwa Rusun Eksperimental tersebut merupakan rusun hemat energi dan ramah lingkungan yang pertama kali di Indonesia.

‘’Kita harus mengurangi karbon, hemat energi untuk menyiapkan generasi mendatang, tugas kita pemerintah dan swasta. Pemkot Tegal mengucapkan terimaksasih kepada Kementerian PUPR, JICA, Bank Jateng yang telah bersama membantu Kota Tegal,’’ ujar Jumadi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Perkumiman (Disperkim) Kota Tegal Eko Setyawan menerangkan bahwa jumlah hunian Rusun Prototype tersebut berjumlah 12.

‘’Ini rusun eksperimen, penghuninnya tidak hanya tinggal, penghuni mengikuti program eksperimen terkait pengelolaan suhu. Yang pertama yang menguni disana PNS, dengan kreteria satu keluarga 4 terdiri dari  bapak, ibu dan 2 anak,’’ ujar Eko.

Eko juga menambahkan, bahwa biaya sewa saat ini belum dihitung, namun merujuk pada peraturan menteri PUPR yang mengatur tentang hal tersebut.

Dalam peresmian tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Kementerian PUPR Lukman Hakim, Direktur LAPI Institut Teknologi Bandung Sugeng Rahardjo. Selain itu, penyerahan bantuan CSR Bank Jateng kepada Pemerintah Kota Tegal dan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan warga penerima bantuan RTLH. (tio/hum).
Share this article :