Home » , » Hujan Deras, Jembatan Sungai Karut Paguyangan Brebes Terancam Longsor

Hujan Deras, Jembatan Sungai Karut Paguyangan Brebes Terancam Longsor

Written By suararakyat on Thursday, April 30, 2020 | 8:45 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Pondasi jembatan penghubung dukuh Cipanas dengan dukuh Cigobang desa Gedungoleng kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes mengalami longsor/ambrol yang semakin meluas akibat tergerus arus aliran sungai Kalikarut yang dipicu turun hujan lebat Kamis pagi (30/4).

Kepala desa Kedungoleng melalui Sekdes Urip Prabowo membenarkan kondisi bangunan jembatan yang merupakan sarana penghubung vital bagi warga di Tiga pedukuhan (Cigobang, Cibeler dan Kedawung) untuk menuju pusat desa maupun kecamatan Paguyangan. Bahkan sebagai jalan alternatif menuju desa Pruwatan kecamatan Bumiayu, pada bagian talud dan pondasinya  mengalami longsor dan ambrol untuk kesekian kalinya terjadi sekitar pukul 09.00 WIB saat turun hujan lebat.

Dikatakan Urip, sebenarnya kondisi jembatan Kalikarut ini sudah hampir 6 bulan yang lalu mengalami hal yang sama, pondasi tergerus saat turun hujan lebat. Dan peristiwa ini telah dilporkan melalui Camat Paguyangan namun pada saat itu  belum mendapat penanganan. Pihak Pemdes dalam upaya penanganan darurat mensiasati pencegahan ambruknya jembatan, membuat larangan atau membatasi bagi kendaraan yang melintas diatas jembatan, dengan muatan kurang dari 5 Ton.

Lanjut Urip, terancamnya kondisi jembatan saat ini akan menjadi perhatian Pemdes karena dipastikan warga di Tiga pedukuhan mengalami  hambatan dalam melakukan aktivitas perekonomian dan pendidikan manakala kondisi ini tidak segera ditangani serius oleh Pemerintah, pungkasnya.

Sementara kondisi yang memprihatinkan disekitar jembatan terlihat pada talud dan pondasi sebelah kiri barat jembatan mengalami amrol dan meluasnya keretakan diseluruh pondasi dibawah jembatan. imam(r)
Share this article :