Home » , » Tenaga Terbatas, Kepala Puskesmas Paguyangan Himbau Masyarakat Tidak Menyalahkan Tim Medis

Tenaga Terbatas, Kepala Puskesmas Paguyangan Himbau Masyarakat Tidak Menyalahkan Tim Medis

Written By suararakyat on Tuesday, April 28, 2020 | 11:29 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Puskesmas hanya dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan manakala ada kejadian warga jatuh atau mengalami kecelakaan dirumah kalau ingin cepat ditolong pihak keluarga harusnya segera membawa yang bersangkutan ke Puskesmas atau Rumah Sakit agar mendapat pertolongan medis, hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Paguyangan drg H Rozikin saat ditemui diruang kerjanya Selasa (28/4).

Rozikin mengatakan, pihaknya merasa prihatin dan miris mendengar laporan kejadian yang menimpa warga desa yang tidak tertolong karena keterlambatan penanganan medis, sehingga selama ini yang selalu disalahkan pihak medis belaka, atau image yang kurang peduli dengan pelayanan masyarakat terkait medis.

Lanjut Rozikin, saat ini sarana fasilitas sudah adanya kendaraan siaga / ambulan yang dimiliki pihak Pemdes agar dapat dimanfaatkan oleh warganya manakala ada warga yang membutuhkan pertolongan / penanganan medis ketempat pelayanan Puskesmas maupun Rumah sakit.

Dijelaskan Rozikin, sarana di Puskesmas terdapat ruang IGD  dengan alat lengkap, seperti oksigen dan lainnya kalau ada luka seperti orang yang kecelakaan bisa dibersihkan lukanya, dan dijahit. Namun
jumlah petugas yang jaga terbatas hanya 2 orang dan jika harus menjemput ke lokasi nanti Puskesmasnya kosong, apalagi saat ini sibuk menangani pandemi Virus Covid 19,

Manakala petugas yang harus datang ke lokasi dengan jarak tempuh jauh akan terlambat dan mungkin tidak bawa alat yang dibutuhkan. Kalau tidak gawat mungkin tidak ada masalah, namun manakala kondisi gawat sebaiknya segera dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

"Ini semua sudah menjadi prosedur  medis agar masyarakat dapat memahami dengan saling menghargai, petugas medisnya harus ramah, masyarakat juga harus sabar jika ada masalah". Pungkas Rozikin. imam(r)
Share this article :