Home » , » Antisipasi Kemarau Panjang, Desa Pakujati Paguyangan Brebes Benahi Sumber Air Bersih

Antisipasi Kemarau Panjang, Desa Pakujati Paguyangan Brebes Benahi Sumber Air Bersih

Written By suararakyat on Sunday, June 7, 2020 | 11:50 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Masyarakat desa Pakujati kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes secara swadaya mewujudkan pembangun sarana air bersih untuk mengantisipasi warga yang mengalami kekurangan air bersih untuk kebutuhan mencuci dan memasak, disaat musim kemarau. Hal ini disampaikan Kepala desa setempat Ari Hendri Kusumo saat ditemui dilokasi sumber mata air Sabtu (6/6) kemarin.

Ari mengapresiasikan warganya bisa mewujudkan sarana tersebut dan membantu Pemdes dalam melaksanakan pasal 33 UUD 1945, bahwa bumi, air, dan seluruh isinya dikuasai oleh negara dan digunakan untuk kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat seluas luasnya, ujarnya.

Dijelaskan Ari, sarana ini merupakan program dalam menghidupkan kembali program Pamsimas yang sudah lama tidak berfungsi. Dan  sumber air tersebut diambil dari lokasi Cituan yang akan di suplay dan dimanfaatkan oleh warga di Dua pedukuhan (Karang Bawang dan Karang Gandul) untuk memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 100 kepala keluarga.

Lanjut Ari, kedepan sarana ini akan dikelola dengan baik dan dijadikan unit usaha BUMDes sehingga akan lebih terawat dan baik, dan bisa bermanfaat bagi warga dengan jangka yang lama guna mensejahterakan masyarakat, pungkasnya. imam(r)
Share this article :