Home » , » Dampak Covid 19, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Brebes Gelar Rakor Daring

Dampak Covid 19, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Brebes Gelar Rakor Daring

Written By suararakyat on Monday, June 8, 2020 | 12:05 AM

Brebes (suararakyattegal.com) – Ditengah pandemi Covid-19, dalam memperoleh informasi perkembangan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten brebes menggelar rapat koordinasi daring atau teleconferece dengan PCM Se kabupaten Brebes, Minggu 7/6

Kegiatan ini diikuti oleh pleno PDM Brebes, Ketua PCM Brebes dan ketua majelis atau lembaga terkait. Agenda kegiatan selain untuk memperoleh informasi, juga penyampaian materi ketahanan dan akreditasi sekolah oleh Dikdasmen PDM dan laporan LazisMu Daerah.

Ketua PDM Brebes H. Djoko Mulyanto menyampaikan bahwa jabatan di PDM atau PCM adalah amanah, sehingga jangan sampai bermegah-megahan yang bisa melalaikan. Hal ini sesuai dengan kajian firman Allah dalam Al Qur’an surat At Takatsur.

“Kaitannya dengan aktifitas kita di gerakan dakwah, jika ada yang memangku jabatan sebagai pimpinan namun tertidur dari awal menjabat sampai menjelang akhir jabatan, maka segera bangunlah agar dapat menyiapkan pertanggung jawaban di akhir jabatan,” ujarnya

Ketua Majelis Dikdasmen Ahmad Samlawi mengungkapkan, mengenai ketahanan sekolah Muhammadiyah dan juga terkait indikator akreditasi sekolah. Indikatornya, sekolah madrasah harus memiliki izin operasional dengan dibuktikan data dapodik.

“ Indikator lain yang menjadi prioritas adalah bagi kepala sekolah harus memiliki sertifikat diklat penguatan calon kepala sekolah, pernah meluluskan siswa, alokasi waktu pembelajaran dan pelaksanakan pembelajaan yang sesuai kurikulum di tiap kelas,” unngkapnya

Sementara Sekretaris Lembaga Bimbingan Ibadah Haji (LBIH) Muhammadiyah Brebes H. Sanawi juga menambahkan informasi terkait keberangkatan calon jamaah haji tahun ini ditunda, Hal ini berdasarkan keputusan menteri agama atau KMA Nomor 494 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020.

“ Ada 42 calon jamaah haji dari LBIH Muhammadiyah Brebes yang ditunda pemberangkatannya untuk tahun ini. PDM Brebes sedang mengajukan izin operasional Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) kepada dirjen PHU Kementerian agama,” tuturnya. imam(r)
Share this article :