Home » , » Peduli Kebersihan Lingkungan, Desa Kretek Siap Beri Sanksi Warga Buang Sampah Sembarangan

Peduli Kebersihan Lingkungan, Desa Kretek Siap Beri Sanksi Warga Buang Sampah Sembarangan

Written By suararakyat on Thursday, June 25, 2020 | 7:33 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Pemerintah desa (Pemdes) Kretek kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes dalam menyikapi kebersihan lingkungan agar bersih, sehat dan indah menggelar rapat kordinasi (Rakor) penanggulangan sampah di Aula kantor desa setempat, Kamis (25/6).

Kepala desa Kretek Akhya mengatakan, rakor ini dalam upaya menjaga kebersihan, kesehatan maupun keindahan dan kesejukan lingkungan, termasuk pencegahan segala penyakit pada masyarakat, dengan harapan masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh Pemdes.

Dikatakan Akhya, pihak desa dalam pengelolaan sampah ini sementara masih bermitra dengan pihak ketiga dengan sistem pembiayaan diambil dari retribusi warga yang dikelola oleh masing masing ketua RT. Dan diberlakukan larangan bagi warga yang membuang sampah sembarangan seperti di saluran air dan di sungai, apabila ada yang membandel membuang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi/denda. Bahkan bagi warga yang melihat langsung dengan membawa bukti manakala ada warga lain yang melakukan pelanggaran ketentuan yang disepakati dalam rakor, pelapor akan diberikan reword/hadiah dari desa, ujar Akhya.

Rakor Penanggulangan sampah diikuti dan dihadiri Perangkat desa, Ketua Rt/Rw, Ketua Bumdes, jajaran BPD dan tokoh masyarakat. imam(r)
Share this article :