Home » , » Desa Tambakserang Kec Bantarkawung Brebes Wujudkan Keinginan Warga

Desa Tambakserang Kec Bantarkawung Brebes Wujudkan Keinginan Warga

Written By suararakyat on Wednesday, July 22, 2020 | 7:42 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Pemerintah Desa Tambakserang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes mewujudkan pembangunan jalan penghubung antara Dukuh Randegan dengan Dukuh Tambakserang sepanjang 1.Kilometer secara swadaya masyarakat dan melalui program padat karya dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19.

Realisasi ini merupakan wujud respon Pemdes, atas aspirasi dari warga yang puluhan tahun yang lalu mengharapkan adanya akses yang dapat dilintasi oleh semua kendaraan agar dapat meningkatkan perekonomiannya, ujar kepala desa Tambak Serang, Usep Asikin S.Sos saat ditemui dilokasi padat karya Rabu (22/7).

Dikatakan Usef, sarana penghubung dua warga pedukuhan yang merupakan jalan setapak tepatnya berada di galengan persawahan ini hanya untuk pejalan kaki, dan manakala dimusim penghujan mengalami becek licin serta sulit untuk dilintasi.

"Sebenarnya keinginan warga untuk memiliki jalan tersebut sudah lama, sejak para Kades sebelumnya. Tetapi baru kali ini jalan tersebut mulai terealisasi", kata Usef.

Lanjut Usep, saat ini baru dibangun badan jalannya melalui program padat karya penanggulangan Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa (DD). Selanjutnya, direncanakan pengerasan jalan, sehingga jalan itu benar-benar layak dilewati semua jenis kendaraan.

"Dengan mewujudkan jalan selebar 3 Meter diharapkan bisa melancarkan aktifitas warga dibidang perekonomian, pendidikan dan kesehatan", Tandas Usep.

Usep menerangkan, kondisi penduduk di dukuh Randegan sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) lebih atau lebih dari 200 jiwa. Selama ini dalam aktifitasnya harus menempuh dengan jalan kaki melewati jalan setapak sepanjang satu Kilometer tersebut untuk menuju desa maupun kecamatan.

Usep menambahkan, pembangunan jalan sepanjang Satu Kilometer dengan lebar badan jalan Tiga Meter dan bahu jalan masing-masing Setengah Meter di dua sisinya. Pembebasan tanah untuk badan jalan murni dari swadaya warga, dan pekerjaan pembangunan oleh warga melalui program padat karya penanggulangan dampak Covid-19. imam(r)
Share this article :