Home » , , » Kreatifitas Warga Tegal Dapat Tanggapan dan Dukungan Wakil Rakyat

Kreatifitas Warga Tegal Dapat Tanggapan dan Dukungan Wakil Rakyat

Written By suararakyat on Saturday, July 11, 2020 | 10:50 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) - Bisa dikatakan banyaknya permasalahan di Kota Tegal, beribu polemik yang belum terpecahkan, ditambah wabah virus corona (Covid -19) yang senantiasa menggerogoti laju ekonomi dan kreatif anak bangsa menjadikan jeritan massa yang luar biasa.

Jeritan akibat pandemi Covid -19 secara global membunuh lini kehidupan masyarakat. Tapi tidak serta merta mematikan kreatifitas anak bangsa, seperti halnya masyarakat Kota Tegal yang ternyata situasi pandemi tidak menyurutkan jiwa kreatifnya, pertahanan keberlangsungan hidup menjadi alasan mematikan yang harus disikapi.

Warga Kota Tegal bangkit bersama karya, kendati tidak sampai menembus pangsa pasar, namun minimal mampu menopang hidup keluarganya.

Kreatif bidang konveksi, karya kaos, jajanan, makanan siap saji, karya seni dan lain sebagainya menjadi alur yang harus dilakukan. Mereka bertempur melawan penyebaran Covid -19.

"Kami berkarya di tengah pandemi dengan membuat kaos, yakni Kaos Kemruwek, selain demi keberlangsungan secara ekonomi juga untuk mengembangkan kreativitas kami dengan ketrampilan yang kami miliki. Di sisi lain untuk menunjukkan, bahwa tanah kelahiran kami tidak mati kreativitasnya, dimana harapan kami kaos tersebut bisa dijadikan ikon kreatif anak Tegal, minimal bisa jadi oleh oleh bagi pendatang di Kota Tegal," ujar Koko salah satu kreator kaos Tegalan.

Satu hal kreatif kepedulian yang menarik lainya yang ditelorkan salah satu putra daerah, Irawan yang bercita-cita membangun keterpurukan ekonomi masyarakat di sekitarnya dengan membuat tas dari kertas bekas yang dapat digunakan untuk belanja dengan mempekerjakan warga disekitar rumahnya.

"Imbas Covid-19 yang membunuh ekonomi, satu sisi mengajak masyarakat bangkit kreatif, satu sisi minimal membantu mengurangi penggunaan plastik, tinggal bagaimana pemerintah melirik niatan baik tersebut, dengan memberikan arahan dan bantuan permodalan," terang Irawan.

Menurutnya, minimal bisa dijadikan ikon Kota Tegal juga sebagai wadah oleh-oleh khas Tegal.

Tidak lepas juga, wanita asli Kota Tegal, Dian selain sebagai jurnalis akibat pandemi kini bangkit bersama kaum ibu di sekitar rumahnya dengan membuat jajanan, seperti manisan salak, packing snack kering dan lain lain.

"Alhamdulillah relasi berkenan membeli baik dari teman sendiri, para wakil rakyat dan eksekutif, minimal hasil kreatif saya bersama kaum emak sekitar saya bisa memutar hasil dagangannya," ungkap Dian.

Berkaitan dengan beberapa kreatif masyarakat Tegal tersebut, ternyata mendapatkan tanggapan dari wakil rakyat (Anggota DPRD Kota Tegal).

Salah satunya, Hj. Ely Farasati SE salah satu Anggota DPRD Kota Tegal, Komisi II yang dikenal tegas, lugas dan memiliki jiwa kepedulian tinggi.

"Kreativitas masyarakat seperti itulah yang sudah seharusnya kita lihat, kita tengok, kita perhatikan, kita bantu pengembanganya dan  sebagai wakil rakyat ndak perlu mencibirnya, bila perlu kita membeli produknya, kita wadahi, kita tampung aspirasi dan harapanya, agar Kota Tegal semakin moncer, semakin mantap sebagai kota medan magnet sesungguhnya, jangan lantas gembar gembor saja tapi mana buktinya," tegas wanita Tegal dari Fraksi PAN tersebut.

Ely menambahkan, ke depan hasil kreatif masyarakat Kota Tegal diharapjan menjadi salah satu skala prioritas kinerja wakil rakyat.

"Jangan segan menghadirkan karya, memang terkadang kita tidak menyadari banyak bibit-bibit unggul yang ada di Kota Tegal yang kita cintai ini, Tegal punya banyak potensi, Tegal juga pernah menjadi kota yang pernah jaya baik di sektor perikanan, perdagangan, perindustrian maka untuk dapat seperti itu lagi dibutuhkan pemimpin yang mampu mengayomi, mengarahkan dan yang terpenting mau mendengarkan serta mampu menciptakan sinergitas kerja yang bagus yang selanjutnya kita hadirkan di tengah masyarakat," harapnya seraya memberikan semangat.

Ely berharap, jangan cuma gembar gembor UMKM, rangkul datangi beri ruang untuk berkreasi dengan memotivasi dan memberi jalan untuk memasarkan produk Kota Tegal. dn(r)
Share this article :