Home » , » SMK Islam Jipang Bantarkawung Brebes Ajarkan Siswanya Cara Mengelola Bisnis Retail

SMK Islam Jipang Bantarkawung Brebes Ajarkan Siswanya Cara Mengelola Bisnis Retail

Written By suararakyat on Saturday, July 18, 2020 | 8:49 AM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Kunci keberhasilan pendidikan vokasi di Indonesia adalah terwujudnya sinkronisasi kurikulum antara SMK dan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (Iduka). Salah satu kompetensi yang diberikan kepada peserta didik jurusan Bisnis Daring dan Marketing adalah Pengelolaan Bisnis Retail.

Kepala SMK Islam Jipang Bantarkawung kabupaten Brebes Aris Muttaqin SPd mengatakan, saat ini sekokahnya telah menerapkan pendidikan vokasi, sehingga terus melakukan pembenahan layanan pendidikan, salah satunya adalah  dengan membangun Business Center SMK Islam Jipang (SIJ) Mart di Kompleks SMK setempat, Kamis (16/7)

Aris mengatakan, maksud dan tujuan menyelenggarakan dan dibangunnya SIJmart untuk meningkatkan kompetensi siswa-siswi SMK Islam Jipang Program Studi Keahlian Bisnis dan Pemasaran. Dimana salah satu kompetensi yang harus dikuasi oleh siswa pada jurusan tersebut adalah kemampuan pengelolaan bisnis retail. 

Dikatakan Aris, SIJmart merupakan perwujudan metode pembelajaran Teaching Factory, yaitu suatu pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis. Penerapan pembelajaran teaching factory ini mengharuskan keterlibatan dunia usaha/industry, dan dalam pelaksanaannya Business Center SMK Islam Jipang yang dibina oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk, pungkasnya. imam(r)
Share this article :