Home » , , » Ternak Kambing Lokal dan Impor Digandrungi Warga Desa Wanatirta Paguyangan Brebes

Ternak Kambing Lokal dan Impor Digandrungi Warga Desa Wanatirta Paguyangan Brebes

Written By suararakyat on Saturday, August 22, 2020 | 3:01 AM

Paguyangan (suararakyattegal.com) - Usaha peternakan kambing di Dukuh Kedawung Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tengah menggeliat. Seperti di peternakan kambing milik Aji Prasetya yang sudah Satu tahun belakangan, tersebut dapat memproduksi susu hingga ratusan liter.


Aji Prasetya mengatakan, pihaknya memiliki tiga ras kambing, yakni ras kambing lokal Gembrong, dan dua ras kambing impor Saanen dan Sapera.


Dijelaskan Aji, dalam menekuni usaha ini  sejak 2014 silam dengan modal tiga ekor kambing lokal. Kemudian selang satu tahun, jumlah dan jenis kambing bertambah. Kini total ada 42 ekor dari umur anakan maupun dewasa.


Sementara Kepala Desa Wanatirta Lukman Hakim mengaku, kurun Satu tahun penghasil susu kambing mulai bergeliat. Di mana pangsa pasarnya perorangan hingga kesekolahan.


Tren produksi susu di Wanatirta cukup beralasan. Pasalnya susu produksi Aji Prasetya dapat langsung diminum di peternakan tersebut. “Pengunjung dapat langsung minum susu di peternakan itu. Rasanya juga variatif ada durian, vanila dan coklat,” katanya. imam(r)

Share this article :