Home » , » Dukung Inovasi dan Kreatifitas, Karang Taruna Brebes Berhak Atas Penggunaan Anggaran Dana Desa

Dukung Inovasi dan Kreatifitas, Karang Taruna Brebes Berhak Atas Penggunaan Anggaran Dana Desa

Written By suararakyat on Sunday, September 27, 2020 | 1:33 AM


Bumiayu,(suararakyattegal.com),-  Sesuai aturan karang taruna boleh dan dibenarkan menggunakan dana desa, (DD) asal dimasukkan dalam program kerja dan dimanfaatkan dengan berbagai inovasi dan kreativitas untuk pembinaan dan pemberdayaan generasi muda.


Hal itu dikatakan Pembina Karang Taruna  kecamatan Tonjong kabupaten Brebes Muhit SH, saat menyampaikan materi pada kegiatan seminar pemberdayaan Karang Taruna di tingkat kabupaten Brebes bagian selatan (Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung dan Salem) yang digelar dalam rangkaian saresehan HUT ke 60 Tahun Karang Taruna di Aula Pendopo Bumiayu, Sabtu (26/9).

Dikatakan Muhit, pihaknya akan mengumpulkan Kades agar bisa mengalokasikan anggaran DD untuk kegiatan Karang taruna sebagai mitra pemdes untuk ikut bersama membangun, ujar Muhit yang juga Ketua Paguyuban Kades Tonjong.

Dikatakan Muhit, organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Materi lainnya disapaikan Ketua Karang Taruna kecamatan Paguyangan Lukman Hakim, yang mengajak dari karang taruna untuk menjadi pelopor pembangunan di masing masuing desanya. Dan perlu melakukan pendekatan dengan Pemdes, dengan mengajukan anggaran melalui proposal kegiatannya disetiap tahun anggaran.

Menurut Lukman, Karang taruna merupakan cikal bakal penerus pengganti pemimpin bangsa. Dan karang taruna merupakan organisasi sosial yang dibentuk secara resmi di bawah binaan Kementerian Sosial.

Lukman mengharapkan kepada ketua karang taruna yang ada, agar terus berbuat dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan dengan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat, selain itu diminta agar ikut mensukseskan pembangunan di desanya.

Menurutnya, banyaknya potensi pemuda namun kekurangan wadah atau ruang bagi pemuda, untuk mengekspresikan minat dan kreatifitasnya, katanya.

Sementara materi dari Ketua umum Karang taruna kabupaten Brebes Syaifudin T, SH, pihaknya siap akan mendorong seluruh kades agar bisa menyisihkan anggarannya guna memajukan karang taruna di kabupaten Brebes, ujar Syaifudin yang juga pengurus Paguyuban Kades kabupaten Brebes.

Ditempat terpisah Akmari selaku penyelenggara menjekaskan, rangkaian kegiatan HUT Karang Taruna ke 60 tahun di wilayah kabupaten Brebes digelar dengan sederhana dan mengikuti protokol kesehatan, yang diawali acara serimonial dengan lomba qasidah, donor darah dan membuka stand kuliner hasil kreaktifitas anggota karang taruna, dilanjut acara inti dengan pemotongan tumpeng.

Acara Saresehan HUT Karang taruna ke 60 rahun di Brebes Selatan dihadiri   Bupati Brebes diwakili oleh Plt Kadinsos Brebes, Muspika Bumiayu, Kades, Ketua Umum Karang Taruna Brebes Perwakilan Karang Taruna se Brebes selatan. Acara berlangsung dari pagi hingga sore hari. imam(r)
Share this article :