Home » , » Puskesmas Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Puskesmas Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Written By suararakyat on Tuesday, September 15, 2020 | 6:28 PM


Tonjong,(suararakyattegal.com),- Ditengah pandemi covid 19 sejumlah 42 ibu hamil warga desa Kutamendala kecamatan Tonjong kabupaten Brebes mendapat pemeriksaan Ante Natal Care (ANC) atau perawatan dan pemeriksaan berkala menjelang Persalinan secara terpadu oleh tim medis Puskesmas Kutamendala di ruang  periksa Puskesmas setempat Senin (14/9).


Kepala Puskesmas Kutamendala Edi Purwanto, S.Kep,Ns, M.Kes mengatakan, pemeriksaan ANC untuk  mendeteksi kehamilan menjelang persalinan secara dini dan rutin.


Dikatakan Edi, kegiatan pemeriksaan terhadap setiap ibu hamil tersebut dalam upaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di kabupaten Brebes yang dinilai masih tinggi se Jawa Tengah.


Menurut Edi, salah satu solusi efektif dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) adalah dengan cara meningkatkan pertolongan persalinan secara terpadu.


Lanjut Edi, selain ibu hamil di desa Kutamendala juga desa lain yang menjadi binaaannya telah mendapatkan hal yang sama. Pihaknya dengan melakukan jemput bola ke desa desa dan ditengah pandemi covid 19 berharap mereka juga harus mengikuti protokol kesehatan, pungkas Edi. imam(r)

Share this article :