Home » , » Secara Swadaya, Desa Kalierang Bumiayu Brebes Bikin Akses Penghubung Antar Wilayah Pedukuhan

Secara Swadaya, Desa Kalierang Bumiayu Brebes Bikin Akses Penghubung Antar Wilayah Pedukuhan

Written By suararakyat on Thursday, October 8, 2020 | 7:25 PM


Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Warga Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu mewujudkan jalan setapak dilebarkan sebagai akses penghubung antar wilayah pedukuhan menuju desa tetangga dengan bergotong royong secara swadaya.

 
Kepala Desa Kalierang Irma Hamdani membenarkan warganya menginginkan jalan setapak agar dilebarkan menjadi 4 Meter, kata Irma saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (8/10).

Dijelaskan Irma, sebenarnya jalan setapak sepanjang kurang dari satu Kilometer itu selama ini hanya digunakan warga pejalan kaki untuk menuju desa tetangga (Kakilangkap), mereka  berharap agar akses tersebut bisa dilintas kendaraan bermotor.

Lanjut Irma, pihaknya merespon aspirasi warga, dengan mengadakan rapat musyawarah warga dengan hasil kesepakatan bersama, bahkan 70 warga yang memiliki tanah merelakan untuk digunakan pelebaran jalan secara ikhlas guna kepentingan umum. selanjutnya warga sekitarnya dikerahkan untuk bergotong royong atau kerja bakti melebarkan jalan, jelasnya.

“Dengan adanya jalan diperlebar  tersebut bisa membuka dan mempermudah akses ekonomi warga,” ujar Irma.

Kedepan pihaknya akan mengajukan proposal untuk jalan tersebut dilakukan pengaspalan ke Pemda Brebes melalui dinas terkait, tambah Irma. imam(r)
Share this article :