Home » , » Tanah Longsor, Beberapa Pipa Transmisi Milik PD Tirta Baribis Paguyangan Brebes Putus

Tanah Longsor, Beberapa Pipa Transmisi Milik PD Tirta Baribis Paguyangan Brebes Putus

Written By suararakyat on Friday, October 2, 2020 | 1:05 PM


Paguyangan,(suararakyattegal.com),-  Kondisi alam perbukitan hutan pinus yang ada di desa Pandansari kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes dengan medan penuh jurang terjal, beberapa waktu lalu diguyur hujan lebat sehingga alami longsor. Dan mengakibatkan pipa transmisi milik perusahaan daerah  (PD) Tirta Baribis Brebes putus.


Kepala unit kantor PD Tirta Baribis kecamatan Paguyangan H Anis Safarudin SE menjelaskan, longsor terjadi pada hari Selasa 29 September malam lalu, sehingga mendadak air terlihat keruh dan akhirnya air tidak mengalir, ujar Anis diruang kerjanya Jumat (2/10).

Melihat kondisi tersebut pihaknya pada Rabu pagi melacak gangguannya dengan menelusuri pipa transmisi dari arah Kaligua Pandansari - Paguyangan. Setelah di telusuri ternyata ditemukan 3 titik longsoran yang menyebabkan pipa ukuran 6" inch terputus di lokasi antara BPT 1 - BPT 2 terdapat di 2 titik pipa terputus (6 batang pipa, dan 2 batang pipa) sedangkan dilokasi bawah BPT 3 terjadi putusnya sejumlah 15 batang pipa.

Anis mengakui, dampak putusnya pipa pipa tersebut mengakibatkan sebagian para pelanggan di Paguyangan mengalami suplay air bersih sementara tersendat dan tidak mengalir. Dengan harapan pelanggan bisa sabar dan memaklumi atas kejadian ini, dan saat ini pihaknya sedang berupaya memperbaiki, katanya.

Lanjut Anis, upaya penanganan sudah dimulai sejak kemarin hari Kamis hingga saat ini masih berlangsung. Karena medan yang sulit sehingga membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan.

Menurut Anis, kejadian semacam ini  hampir tiap tahun terjadi dilokasi tanah longsor manakala wilayah tersebut diguyur hujan deras, sehingga mengakibatkan sarana milik PD Tirta Baribis terputus.

Lanjut Anis kondisi medan didalam hutan pinus yang sulit dijangkau oleh teknisi yang ada, sehingga membutuhkan waktu untuk memperbaiki pipa yang terputus tersebut. Dan mudah mudahan bisa selesai diperbaiki 5 hari kedepan, pungkasnya. imam(r)
Share this article :