Home » , , » Dihantam Deras Aliran Sungai, Bendungan Laban Jebol

Dihantam Deras Aliran Sungai, Bendungan Laban Jebol

Written By suararakyat on Wednesday, December 30, 2020 | 12:45 AM


Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Sebuah Bendung Laban Sungai Keruh di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, mengalami jebol akibat dihantam arus deras sungai, Senin malam (28/12).


Keterangan yang dihimpun menyebutkan, jebolnya bendung tersebut berdampak pada ratusan hektar lahan pertanian kesulitan air dan terancam tidak dapat digarap. Bendung yang membentang sepanjang 60 Meter di Sungai Keruh tersebut dan selama ini menjadi andalan petani untuk mengairi lahan seluas 119 Hektar yang ada di wilayah Desa Dukuhturi dan Desa Bumiayu. Kondisi bendung jebol di sisi kiri sehingga air tidak dapat naik ke saluran irigasi. Selain itu kondisi pintu air juga terancam ambruk akibat gerusan air sungai.


Kepala desa Dukuhturi Akhmad Effendi melalui sekdes Andi Kuswoyo MPd membenarkan kondisi bendung irigasi Laban sudah mulai terlihat terkikis dan retak-retak sejak awal Desember lalu yang dipicu tiga kali terjadi hujan deras dan akhirnya berdampak pada bentangan bendung terjadi jebol pada malam hari.


"Tiga kali hujan besar mulai ada tanda-tanda akan jebol, terakhir semalam hujan deras dan jebol beneran," ujar Andi saat ditemui diruang kerjanya Selasa (29/12).


Menurut Andi, sebelumnya petani sempat melaksanakan kerja bakti melakukan penanganan darurat saat bentangan bendung mulai terkikis.


"Sekitar puluhan petani sempat kerja bakti membuat penahan agar air dapat naik dan masuk ke saluran irigasi, namun akibat alam yang tidak bersahabat sehingga kondisi bendung tersebut jebol dan kini tidak lagi berfungsi," ungkapnya


Lanjut Andi kondisi lahan pertanian saat ini sebagian mulai menguning  dan sebagian lagi baru panen dan petani akan mengalami kesulitan air untuk mengolah lahannya.


Dengan kondisi jebolnya bendung laban tersebut untuk mengatasi petani akan kebutuhan air dalam mengolah lahannya. Pihak Pemdes mengharapkan Pemda Brebes melalui dinas terkait untuk dapat segera menangani maupun perbaikan, pungkas Andi. imam(r)

Share this article :