Home » » Babinsa Empanang Awasi Penyaluran BLT-DD Kumang Jaya

Babinsa Empanang Awasi Penyaluran BLT-DD Kumang Jaya

Written By suararakyat on Monday, June 14, 2021 | 4:20 PM


Empanang - Babinsa Desa Kumang Jaya, Koramil 1206-17/Empanang, Kodim 1206/Putussibau, Serda Joni Iskandar, mengawasi dan mendampingi warga binaanya, dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Desa Kumang Jaya, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Jum'at (11/06/2021).


Serda Joni Iskandar mengatakan, program tersebut menjadi atensi bagi TNI untuk menjamin kelancaran, keamanan  dan transparansi yang tepat sasaran bagi warga yang berhak menerima BLT-DD tersebut.


"Bantuan bagi masyarakat kurang mampu tersebut bersumber dari Anggaran Dana Desa, sebagaimana kebijakan Kemenkeu yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Dalam beleid revisi PMK No. 205/2019 dan Kementerian Keuangan mengubah yang semula adalah Anggaran Dana Desa menjadi Bantuan Sosial berupa Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa," ujar Serda Joni Iskandar.


Dijelaskan Serda Joni Iskandar, pihaknya mengawal BLT-DD tersebut agar tepat waktu dan tepat sasaran kepada penerima, sesuai dengan data warga kurang mampu yang ada saat ini, yang terdampak COVID-19.


“Terkait dengan adanya COVID-19, Pemerintah Pusat telah memberikan instruksi kepada Pemerintahan Desa untuk dapat membantu warga yang kurang atau tidak mampu, dengan menggunakan dana desa. Kami sangat berharap kepada para warga penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut agar kiranya dapat menggunakannya dengan semaksimal mungkin untuk membeli kebutuhan pokok demi memenuhi kecukupan gizi dan vitamin untuk meningkatkan imunitas diri dan sebagai pertahanan dari COVID-19,” ungkapnya. (Erk/1206)

Share this article :