Home » , » 33 Rumah dan 1 Mushola Porak Poranda Di Terjang Angin Puting Beliung

33 Rumah dan 1 Mushola Porak Poranda Di Terjang Angin Puting Beliung

Written By suararakyat on Monday, September 27, 2021 | 8:21 PM


Bumiayu, (suararakyattegal.com),- Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu Kapubaten Brebes alami bencana alam Angin Puting Beliung, yang mengakibatkan puluhan rumah rusak tepatnya di Dukuh Karanganyar RT 02/01, dan Dukuh Krajan Timur RT 01/04 dan RT 02/04 di Desa Kalinusu. Jum'at (24/09)sore.


Danramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes, Kapten Armed Jupriadi menjelaskan, angin puting  beliung memporak porandakan daerah tersebut sehingga mengakibatkan pohon pohon roboh dan merusak rumah warga. Jumlah ada 25 rumah rusak ringan, sedangkan 6 rumah rusak cukup berat, dan 1 bangunan mushola yaitu Musholla Al Ikhlas rusak cukup berat, sehingga total 33 rumah yang rusak. Dalam kejadian yang berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB, dan tidak ada korban jiwa, terangnya.


Selain itu, kerusakan parah pada bangunan akibat rumah tertimpa pohon di sekitar rumah yang tumbang. BPBD Bumiayu bersama pihak terkait dengan dibantu warga melakukan evakuasi batang pohon dan ranting-ranting pohon yang menimpa bangunan.


Pihaknya bersama Bhabinkamtibmas dan perangkat desa terus melakukan inventarisir kerugian, serta menghimbau agar warga lebih waspada dan secepatnya mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim seperti sebelum kejadian puting beliung, yaitu hujan disertai angin kencang. 


Selain itu, kita juga menghimbau agar warga kedepannya mengurangi cabang-cabang pohon di sekitar pekarangan rumah agar tidak patah dan batangnya roboh saat angin besar terjadi,” pungkasnya. Rizal (r)

Share this article :