Home » , » Gempa Bumi 3.0 Skala Righter Guncang Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes

Gempa Bumi 3.0 Skala Righter Guncang Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes

Written By suararakyat on Wednesday, September 29, 2021 | 2:32 PM


Sirampog,suararakyattegal.com.),- Telah terjadi bencana gempa bumi yang mengakibatkan puluhan rumah warga rusak ringan hingga berat dan retak pada lahan pertanian sepanjang kurang lebih 500 Meter di Dukuh Igir Gowok dan Dukuh Guci Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, Selasa (28/09)


Terasa guncangan gempa bumi di wilayah tersebut sekitar pukul 08:30 WIB sampai 08:45  WIB. Pusat Gempa berada di darat 9 Km Timur laut Bumiayu, kedalaman 11 Km, kekuatan 3.0 Skala Righter (SR). 


Sementara berdasarkan data yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, sebanyak 22 rumah dilaporkan mengalami kerusakan kategori ringan hingga berat. 15 rumah warga mengalami kerusakan ringan retak-retak, 5 rumah lainya rusak kategori sedang dan 2 rumah rusak berat. Dalam peristiwa yang terjadi bencana gempa bumi dilaporkan tidak ada korban jiwa, lantaran saat peristiwa terjadi mereka sedang beraktifitas di luar rumah.



Hingga kini, hasil laporan BPBD di desa hingga Kecamatan masih terus melakukan pendataan di lapangan dan menginvetarisir kerugian bencana tersebut. Rata-rata rusak ringan jadi tidak ada yang mengungsi. Hanya meminta untuk waspada," kata Plt Camat Sirampog Lukman Hakim .


Lanjut Lukman Hakim, pihaknya menghimbau  kepada warga agar tetap waspada usai gempa ini, kami pun akan tetap memantau perkembangan situasi dan kondisi yang terkena musibah di sekitarnya. Selain itu, warga tetap waspada dan tenang, jangan panik. Mudah-mudahan tidak terjadi gempa susulan lagi. Pungkasnya. Rizal(r)

Share this article :