Home » , » PolresTegal siapkan posko Lebaran Idul Fitri 1443 H, disejumlah titik wilayah di Kabupaten Tegal

PolresTegal siapkan posko Lebaran Idul Fitri 1443 H, disejumlah titik wilayah di Kabupaten Tegal

Written By suararakyat on Tuesday, April 26, 2022 | 12:01 PM


Tegal,(suararakyattegal.com),- Dalam dalam rangka memberikan pelayanan Kepolisian di masa mudik lebaran tahun 2022, Polres Tegal menyiapkan sebanyak 11 posko dengan berbagai macam fungsi dalam Operasi Ketupat Candi 2022. 

Posko itu terdiri dari 5 pos pengamanan, 5 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu. Kapolres Tegal Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at melalui Kasi Humas Ipda Untung Heru saat ditemui mengatakan, pos-pos itu memiliki beberapa kegunaan. Pertama, sebagai pusat informasi dan pengamanan selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1443 H. 

"Selain kegunaan posko sebagai pos pelayanan, juga sebagai gerai vaksin dosis satu, dua, maupun booster bagi para pemudik," ungkap Ipda Untung saat pengecekan pos Muri Kramat, Selasa (26/4/2022).

"Sebagai tempat istirahat bagi para pemudik atau pengemudi yang kelelahan saat mengemudi, jadi dapat digunakan sementara," ucapnya. 

Selanjutnya, pos-pos itu juga dapat digunakan untuk rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan balik, baik ganjil genap maupun contra flow. Terakhir, sebagai pusat komando dan kendali operasi di lapangan secara integrasi. 

Lebih lanjut Untung menjelaskan, Operasi Ketupat Candi 2022 Polri mengedepankan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui rekayasa lalu lintas, khususnya di jalan tol dengan sistem one way, ganjil genap serta mempersiapkan tim urai cegah kemacetan.

“Mengingat selama pandemi tahun ini pemerintah memberlakukan mudik bagi masyarakat, diprediksi terjadi lonjakan pemudik sehingga kami mempersiapkan personel baik dipantura, jalur tol maupun jalur selatan untuk melakukan rekayasa lalu lintas manakala kemacetan terjadi”, tutup Kasi Humas. tio(r)

Share this article :