Home » , , » Ciptakan Budaya Hidup Sehat dan Bersih, Dewi Aryani Gandeng Poltekes Semarang dan Kemenkes RI

Ciptakan Budaya Hidup Sehat dan Bersih, Dewi Aryani Gandeng Poltekes Semarang dan Kemenkes RI

Written By suararakyat on Monday, May 30, 2022 | 7:42 PM


Tegal,(suararakyattegal.com),- DR. Dewi Aryani, M.Si Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil IX Jawa Tengah yang meliputi wilayah Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan vaksinasi Covid-19 dosis 1 & 2 booster, bertempat di Bumi Perkemahan Desa Pedeslohor Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Senin (30/5/2022).


Acara tersebut terselenggara berkat kolaborasi antara DPR RI bersama Poltekkes Semarang Kementerian Kesehatan RI.


Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan percepatan vaksinasi Covid-19.


Hadir pada acara tersebut Anggota Komisi IX Fraksi PDI Perjuangan DR. Dewi Aryani, M,Si, Direktur Poltekkes Semarang Dr. Narsum, BE, S.Pd, MPH, perwakilan dari Dinkes Kabupaten Tegal, Camat Adiwerna, Kapolsek Adiwerna, Danramil Adiwerna, Kepala Desa se-Kecamatan Adiwerna, Kepala Puskesmas Adiwerna, Kepala Puskesmas Pagiyanten, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan ratusan peserta undangan.


Dihadapan awak media, DeAr sapaan akrab legislator PDI Perjuangan ini menyampaikan, "Bahwa selama ini Kemenkes RI sudah melaksanakan program Germas tapi semua itu baru sebatas sosialisasi dan pencanangan gerakan.


DeAr juga menyampaikan kepada seluruh Kepala Daerah di seluruh-Indonesia sampai kepada tingkat Kades-Kades di seluruh Indonesia, Germas ini harus dituangkan atau diaplikasikan dalam kegiatan yang lebih kongkret tentu dengan melihat situasi dan kondisi masing-masing daerah.


Menurut DeAr ada satu program yang bisa menjadi program nasional yaitu program kerja bakti nasional atau program kerja bersih-bersih lingkungan. "Ini bisa dijadikan gerakan bersama.


DeAr berharap ada kolaborasi antara Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Dalam Negeri. "Ada perintah langsung dari atas kepada seluruh Kepala Daerah dari Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa untuk melakukan ini sebagai program nasional. Karena kalau hanya pencanangan saja tanpa ada gerakan kongkritnya tidak akan tercapai dampaknya. 


DeAr menyebut perlu adanya aktifasi secara kongkrit, kontinyu, nyata memang dilakukan di semua desa di seluruh Indonesia. Maka ini peruntungannya nanti tidak hanya lingkungan sendiri tapi kesehatan masyarakat Indonesia akan meningkat karena mereka lama-lama akan terbiasa hidup bersih, lebih guyub, rukun, mengaplikasikan semua sila-sila di dalam Pancasila semua terjadi dalam satu gerakan ini. "Keliatannya simpel, tapi dampaknya besar.


Anggota DPR RI yang menjabat 3 periode berturut-turut ini juga menyarankan, mendorong bahkan mendesak pada lintas kementerian untuk melakukan ini secara bersama-sama yang akan diikuti seluruh Kepala Daerah yang ada di Indonesia. Dan Nantinya kalau ini sudah menjadi kebiasaan yang rutin, kontinyu maka akan menjadi budaya, maka budaya hidup bersih, sehat menjadi salah satu tolak ukur tingkat keberhasilan ketahanan dan kedaulatan kita di Indonesia," tandas DeAr. Tio(r)

Share this article :