Home » , , » Peringati Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke 421 Tahun, 101 Tim Ikuti Turnamen Mobile Legend

Peringati Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke 421 Tahun, 101 Tim Ikuti Turnamen Mobile Legend

Written By suararakyat on Friday, May 27, 2022 | 12:49 PM


Slawi,(suararakyattegal.com),- Meriahkan Hari Jadi ke-421, Pemkab Tegal gandeng Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) Kabupaten Tegal dan PT Kasyr Sibernetika Indonesia selenggarakan turnamen Mobile Legend: Bang-Bang (MLBB) lewat aplikasi Central Gamers Indonesia (CGI). Puncak pergelaran kompetisi permainan ketangkasan ini berlangsung secara live di areal parkir Trasa Coworking Space Slawi, Sabtu (14/05/2022) malam.


Datang mewakili Bupati Tegal, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menyambut baik penyelenggaraan liga dan kejuaraan profesional e-sport ini. Menurutnya, kejuaraan seperti ini baru pertama kalinya digelar khusus dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal.

“Saya melihat ini sebagai sebuah peluang. Tidak hanya dari sisi penumbuhan karir gamer menjadi atlet e-sport. Lebih dari itu, perkembangan e-sport menjadi pemicu ekosistem lapangan kerja baru yang cukup menjanjikan dengan semakin banyaknya digelar turnamen atau kejuaraan seperti ini,” jelasnya.

Lebih dari itu, pada ekosistem e-sport ini juga membutuhkan shoutcaster yang mirip dengan posisi komentator dalam pertandingan olahraga konvensional. Sehingga, dengan semakin meningkatnya minat masyarakat akan konten e-sport, maka peluang profesi video editor juga semakin meningkat dan sudah banyak dijumpai di berbagai platform berbagi video.

Hal ini, lanjut Joko belum termasuk penghasilan lainnya seperti dari streaming dan honor endorsement.

“Sehingga saya sangat mengapresiasi kepada PBESI Kabupaten Tegal dan khususnya PT Kasyr Sibernetika yang sudah memfasilitasi terselenggaranya turnamen Mobile Legends ini dengan layout dan artistik penataan panggung yang luar biasa, lain daripada yang lain. Semoga ini bisa menjadi benchmark untuk penyelenggaraan acara-acara lainnya supaya lebih berkesan, tidak biasa-biasa saja,” ujar Joko.

Pada kesempatan ini, Joko memberikan apresiasi kepada Edi Kurniawan selaku CEO PT Kasyr Sibernetika Indonesia yang telah sukses membuat aplikasi Central Gamers Indonesia (CGI) untuk mewadahi kebutuhan para gamers bermain, berkompetisi dengan aneka permainan ketangkasan seperti Mobile Legends, Dota, Valorant dan League of Legends.

“Tak hanya itu, kita juga patut berbangga karena aplikasi ini sedang dipakai di ajang kompetisi e-sport Sea Games Vietnam. Ini adalah karya Edi Kurniawan, warga Kagok Kecamatan Slawi,” katanya.

Sementara itu, Edi Kurniawan mengatakan pihaknya berharap dengan diselenggarakannya turnamen ini akan tumbuh atlet-atlet esport berbakat dari Kabupaten Tegal.

“Karena dengan semakin berkembangnya ekosistem kreatif, khususnya subsektor game e-sport yang apabila ditekuni dan disertai pembinaan dan pengarahan serta pengawasan yang baik juga tepat dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan. Termasuk penghasilannya dari profesi player atau atlet, pelatih, caster atau brand ambassador,” jelas Edi.

Edi juga menambahkan, turnamen MLBB yang baru kali pertamanya digelar di Hari Jadi Kabupaten Tegal ini mendapat antusias dari generasi milenial. Pasalnya, ada 101 team yang mengikuti turnamen ini. Namun setelah melalui babak penyisihan hanya tersisa empat tim yang maju ke grand final.

“Tidak hanya dari Kabupaten Tegal saja, bahkan ada yang dari Malang, Tangerang, Pekalongan. Namun untuk tiga tim yang masuk ke grand final ini, tiga diantaranya dari Kabupaten Tegal dan satu tim dari Brebes,” terangnya.

Adapun masing-masing pemenang mendapatkan trofi dan sertifikat serta uang tunai, yaitu untuk juara satu mendapatkan Rp 8 juta, juara dua sebesar Rp 4 juta, juara tiga sebesar Rp 2 juta dan juara harapan sebesar Rp 1 juta. (*)
Share this article :