Home » , , » Tanah Longsor, Talud dan Rumah Warga Rusak Parah

Tanah Longsor, Talud dan Rumah Warga Rusak Parah

Written By suararakyat on Tuesday, June 21, 2022 | 9:28 AM


Sirampog,(suararakyattegal.com),-  Bencana alam (Bencal) tanah longsor terjadi Dukuh Rembang RT 01/03 Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Dalam kejadian mengakibatkan rusaknya talud dan pemukiman warga, Minggu (19/6/2022) siang.


Keterangan yang dihimpun menyebutkan insiden terjadi pada Minggu, 19 Juni 2022 sekitar pukul 11.00 Wib - 15.00 Wib terjadi turun hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur wilayah kabupaten Brebes bagian selatan, yang mengakibatkan terjadinya Longsor talud penahan rumah Yusup (39) warga RT 01/03 dukuh Rembang desa Batursari. Ukuran bangunan Panjang 11 Meter dan Tinggi 5 Meter, mengalami longsor sehingga menyebabkan kerusakan parah pada dapur dan kamar mandi rumah milik korban, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Satgas PB BPBD Bumiayu Budi Sujatmiko, membenarkan peristiwa bencal tanah longsor yang terjadi di desa Batursari Sirampog telah dilaporkan ke Bupati Brebes. 


Budi mengatakan, Satgas PB BPBD melakukan assesment terkait kronologi/dampak kejadian dan berkordinasi dengan Pemdes Batursari untuk penanganan sementara maupun permanen melalui giat kerja bakti bersama warga masyarakat, dan mengevakuasi barang barang milik korban yang masih bisa dipergunakan kembali.


Budi menghimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada apabila beraktifitas baik didalam maupun di luar ruangan rumah, mengingat masih musim/peralihan dari Musim penghujan ke musim kemarau dengan cuaca terkadang cukup extrim.


Lanjut Budi, kendala kebutuhan yang mendesak adanya potensi Bencal susulan, sehingga penanganan dari dinas terkait terutama Pemdes Batursari untuk segera membantu perbaikan mengingat posisi bangunan yang sudah menggantung agar tidak bertambah parah," pungkasnya. Mam(r)

Share this article :