Home » , , » Mengentaskan Kemiskinan Ekstrem, Dinkopumdag Brebes Beri Bantuan Modal dan Ketrampilan

Mengentaskan Kemiskinan Ekstrem, Dinkopumdag Brebes Beri Bantuan Modal dan Ketrampilan

Written By suararakyat on Thursday, July 28, 2022 | 10:18 AM


Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Guna untuk pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Brebes, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes menggelar giat pelatihan ketrampilan kewirausahaan dan penyerahan bantuan modal usaha, dalam rangka pengentasan kemiskinan, bertempat  di Aula Pendopo Eks Kawedanan Bumiayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Selasa (26/7)


Dalam sambutan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, SE MH  menyampaikan, di kabupaten Brebes warga masyarakat saat ini mencapai 300 ribu jiwa, didalamnya terdapat 100 ribu masuk kategori miskin ekstrem rata rata berpenghasilan rendah. Sehingga menjadi permasalahan bersama. Untuk itu segala dukungan dan perhatian penuh harus diupayakan, agar masyarakat Brebes bisa bangkit dari permasalahan perekonomian.



Lanjut Idza, kegiatan ini juga salah satu untuk pengentasan kemiskinan di kabupaten Brebes, selain itu memberikan pendidikan ketrampilan kepada masyarakat untuk bisa membuat lapangan pekerjaannya sendiri atau berwirausaha mandiri, Kata Idza.


Lanjut Idza, kegiatan ini diselenggarakan dari Dinas Koprasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes, sejumlah UMKM mendapatkan bantuan permodalan serta mendapat pelatihan berbagai keterampilan dalam mengolah beberapa jenis makanan ringan yang umum di masyarakat kabupaten Brebes.


Idza berharap dengan bekal keterampilan dan bantuan modal yang diberikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, dengan tujuan masyarakat kabupaten Brebes mampu mengangkat perekonomian keluarga dan mampu bangkit dari masalah kemiskinan, Tutupnya.


Semetara itu Drs Zaenudin, M.Si, Kepala Dinkopumdag Brebes, melalui Agus Supridjadi selaku Kasubag mengatakan, pemberian bantuan modal yang diberikan kepada 200 peserta merupakan bantuan UMKM di wilayah Brebes selatan 5 kecamatan diantara lain yaitu kecamatan Bumiayu, Paguyangan, Sirampog, Tonjong dan Bantarkawung. 


Dikatakan Agus Supridjadi,  warga mendapat bantuan permodalan berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu, serta satu paket bahan baku untuk produksi, tandasnya


Selain memberikan permodalan dan bahan-bahan yang di butuhkan, tim teknis Dinkopumdag juga memberikan pelatihan-pelatihan diklat cara pengolahan makanan agar menghasikan makanan yang enak, sehat dan berkualitas, sehingga nanti mampu bersaing di pasaran, pungkasnya. Rizal(r)

Share this article :