Home » , , » Jelang Pemilu Tahun 2024, Kesbangpol Kabupaten Brebes Gelar Sosialisasi Pembinaan Terhadap Ormas

Jelang Pemilu Tahun 2024, Kesbangpol Kabupaten Brebes Gelar Sosialisasi Pembinaan Terhadap Ormas

Written By suararakyat on Saturday, July 30, 2022 | 1:41 PM


Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Guna untuk pemahaman tentang Politik dan Bela Negara, mengingat menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Brebes menggelar pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di wilayah Brebes Selatan, bertempat di Pendopo Bumiayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Kamis (28/07).  


Bupati Brebes H Idza Priyanti SE, MH  di wakili oleh wakil Bupati Narjo SH, MH menyampaikan permohonan ma'af Ibu Bupati Brebes tidak bisa hadir dalam acara ini karena ada acara yang tidak bisa di tinggalkan, "ucap Narjo

Lanjut Narjo, dalam kegiatan pembinaan pendidikan politik dan bela negara ini, semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua terutama para tamu undangan seluruh ormas yang ada di Brebes Selatan yang hadir pada kesempatan kali ini. Selain itu, bela negara suatu sikap prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kata Narjo

Menurut Narjo, dalam kegiatan tersebut juga sebagai mempertahankan keutuhan Pancasila sekaligus keutuhan NKRI. Saya berharap tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.

Selain itu, pembinaan bela negara agar dapat menjaga dan mempertahankan Pancasila untuk itu segala komponen masyarakat baik organisasi masyarakat, organisasi politik, dan organisasi - organisasi lainnya harus ikut terlibat, Jelasnya

Sehingga Pancasila harus tetap terjaga sampai anak cucu kita. "Kita harus berani dan siap bela negara siapa saja yang ingin mengganggu keutuhan Pancasila maka kita harus berani melawannya", tegas Narjo.

Narjo berharap tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara, tandasnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Brebes Mochamad Sodiq, S.STP, M,Si menyampaikan terimakasih atas kehadiran para ormas dalam kegiatan pendidikan politik dan bela negara. Dalam acara kegiatan ini sudah dilakukan yang kedua kalinya, pertama dilakukan di Brebes wilayah Utara, dan yang kedua di lakukan hari ini di wilayah Brebes Selatan, Katanya

Lanjut Sodiq, dalam kegiatan pembinaan tersebut merupakan agenda rutin terhadap sejumlah ormas. Tujuan agar ormas paham tentang politik dan bela negara, salah satunya ikut menciptakan suasana kondusif mengingat jelang pemilu tahun 2024 mendatang.

Tahapan pemilu 2024 sudah berjalan, ada empat partai baru di Brebes sudah terdaftar. Saya berharap kepada ormas di Brebes Selatan untuk ikut mensosislisasikan kepada warga masyarakat kabupaten Brebes. Kegiatan ini guna untuk persiapan pemilu tahun 2024 sehingga perlu dilakukan sosialisasi yang bertujuan untuk partisipasi masyarakat dalam pemilu masih rendah khususnya di kabupaten Brebes.

Sodiq berharap seluruh ormas di kabupaten Brebes Selatan agar dapat membantu untuk partisipasi masyarakat dalam menyalurkan suaranya baik pileg, pilpres maupun pilkada yang capaianya masih rendah baru sekitar 70%, untuk itu saya berharap ormas yang ada di Brebes selatan dapat membantu mensosialisasikannya", pungkasnya Sodiq. Rizal(r)
Share this article :