Home » , , » Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Desa Pandansari Paguyangan Kab. Brebes Adakan Tradisi Ratiban

Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Desa Pandansari Paguyangan Kab. Brebes Adakan Tradisi Ratiban

Written By suararakyat on Wednesday, August 3, 2022 | 9:27 AM


Paguyangan,(suararakyattegal.com),-  Warga Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes menggelar tradisi "Ratiban" sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rejeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Acara tersebut dilakukan di Kompleks Telaga Ranjeng desa setempat. Selasa, (2/08)


Kepala Desa Pandansari Irwan Susanto ST menyampaikan, dalam kegiatan Ratiban ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan bumi yang diberikan Allah SWT, serta sebagai bentuk ekspresi kegembiraan dan rasa syukur dari masyarakat Pandansari, kata kades saat diwawancarai awak media.

Lanjut Irwan, Ratiban merupakan acara yang sudah berjalan turun-menurun dilakukan setiap tahunnya oleh warga desa Pandansari. Kegiatan Ratiban biasanya dilakukan pada hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon yang jatuh di bulan Muharam atau Suro pada kalender jawa. Karena dampak pendemi covid 19 kurang lebih 2 tahun lalu, maka di desa kami tidak bisa menggelar acara tersebut dan Allhamdulillah tahun ini bisa menggelar acara Ratiban seperti biasa, dan acara berjalan aman dan tertib, terangnya.

Lanjut Irwan, di desa Pandansari Kecamatan Paguyangan yang telah dianugerahi kekayaan yang sangat luar biasa juga keguyuban dan gotong royong masyarakat Desa Pandasari. Hal ini terbukti ribuan masyarakat hadir dalam acara ratiban ini. Selain itu Desa Pandansari banyak dianugerahi kekayaan buminya mulai pertaniannya, peternakan, Industri, Desa Wisata, dan Desa Kebudayaan ini merupakan anugerah yang patut disuguhi, dan di lestarikan.

Irwan berharap dengan adanya tradisi kirab kebudayaan Ratiban yang dilakukan rutin setiap tahunnya, diharapkan bisa menjadi event skala nasional dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata.

"Saya berharap tradisi Ratiban bisa menjadi event ditingkat nasional dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Pandansari di sektor wisata". Tutup kepala desa. Rizal(r)
Share this article :