Home » , , » Beri Edukasi dan Solusi, Dewi Aryani Sapa Petani Kabupaten Tegal

Beri Edukasi dan Solusi, Dewi Aryani Sapa Petani Kabupaten Tegal

Written By suararakyat on Wednesday, September 28, 2022 | 7:37 AM


Tegal,(suararakyattegal.com),- Memperingati Hari Tani Nasional Tahun 2022, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, M.Si menggelar acara Tilik Sawah. Kegiatan ini dirancang untuk menyapa petani dan membantu memberikan solusi untuk pengembalikan kesuburan lahan sawah dan pertanian lainnya, Selasa (27/9/2022).


Rencananya DeAr akan melakukan demplot atau percobaan revitalisasi lahan dan pupuk non kimia sehingga dapat menghemat biaya pupuk yang sangat besar dan menjadi biaya terbesar di sektor pertanian di berbagai desa di kecamatan di Kabupaten Tegal dan Brebes.


"Demplot sudah dilakukan di Kecamatan Dukuhwaru dan Kramat. Hari ini diperbatasan Desa Maribaya dan Plumbungan," ujarnya.


Di Desa Maribaya dan Plumbungan, DeAr melaksanakan demplot tanam padi bersama para petani dan juga dialog mengenai pentingnya mengembalikan kesuburan lahan pertanian hingga diskusi mengenai ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.


Selain acara tanam yang diawali dengan sarapan nasi ponggol bersama di pinggir lahan sawah, DeAr juga memberikan bantuan paket sembako untuk kader dan petani yang hadir.


Kegiatan ini juga menjadi momen Dr. Dewi Aryani, M.Si selaku Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil 9 Jateng yang meliputi wilayah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes dalam melaksanakan Hari Tani Nasional Tahun 2022 ini. "Semoga memberi kontribusi dalam pemulihan lahan pertanian sebagai sumber ketahanan pangan nasional terutama di Dapil 9 Jawa Tengah khususnya," harap politisi perempuan PDI Perjuangan yang sudah 3 periode melenggang ke Senayan.


"Kami Kader BANTENG siap melakukan pendampingan advokasi untuk revitalisasi lahan pertanian padi, jagung, kentang, cabe hingga bawang dan lain-lain menjadi putih subur kembali dan menghemat pupuk kimia hingga 70%," imbuhnya. 


"Hari Tani Nasional Tahun 2022 menjadi gerbang pemulihan lahan ketahanan pangan nasional. Semangat Petani Indonesia! Petani Sejahtera, Indonesia Berjaya!," sapa Dewi Aryani untuk petani Indonesia. Tio(r)

Share this article :