Home » , , » Bupati Idza Buka Mapsi Demi Membangun Generasi Islami

Bupati Idza Buka Mapsi Demi Membangun Generasi Islami

Written By suararakyat on Tuesday, October 11, 2022 | 9:58 AM


Brebes,(suararakyattegal.com),- Ajang lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) bisa menjadi kawah candradimuka pembentukan generasi islami. Pasalnya, peserta mampu mengasah diri akan bakat dan keterampilan serta keahlian atas bimbingan guru agama masing-masing.


“Mapsi bisa menjadi ajang peningkatan prestasi, mudahan-mudahan seluruh peserta bisa menjadi generasi Islami yang mumpuni,” ujar Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat membuka MAPSI tingkat SMP se Kabupaten Brebes di SMP Negeri 1 Larangan, Brebes, Senin (10/10).


Untuk itu, Idza berharap peserta jangan ragu untuk berlaga dalam event ini sehingga pada saatnya ke ajang ditingkat yang lebih tinggi semakin optimis. Sedangkan bagi yang belum mendapatkan prestasi bukan berarti tidak berbakat, namun agar terus belajar meningkatkan kemampuannya dan jangan berputus asa.


Bupati Brebes juga berpesan agar jadikan lomba ini sebagai pengalaman dan tentunya ajang menambah teman serta mempererat persahabatan. Idza melihat lomba ini, sangatlah bermanfaat sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama islam. 


Peserta nantinya bisa menjadi tauladan dalam sikap dan perilakunya. Karena telah memiliki bekal untuk menyerasikan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni untuk menjadi manusia yang beriman, bertakwa, taat beribadah dan berakhlak mulia.


Selain itu, melalui pengenalan seni akan membawa kecerahan dalam hati dan ketenangan pikir yang mungkin tidak terjangkau oleh daya logika, akan tetapi memberikan kenikmatan pada rasa estetika mereka. Sehingga akan membangkitkan dan menyegarkan sifat kejujuran, pengabdian dan cinta pada kebenaran.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Caridah MPd melaporkan, Mapsi diikuti 221 peserta perwakilan 17 kontingen dari SMP se Kabupaten Brebes.


Adapun jenis lomba yang di helat antara lain lomba Tata Cara Sholat Fardlu, Pengetahuan PAI dan BTQ, Paktek Adzan dan Iqomat, Seni Kaligrafi Quran, Khitobah, Tilawah, dan Hifdzil Quran. 

Dalam kesempatan tersebut bupati menyerahkan bantuan pembinaan kepada Tim Voli Maheswara Brebes yang telah berlaga di kejuaraan liga voli tingkat nasional. Walaapun hasil belum maksimal tapi patut diapresiasi. Uang pembinaa berasal dari CSR Bank Jateng senilai Rp 50 juta dan dari Baznas Brebes senilai Rp 7,5 juta. 


Turut hadir mengikuti pembukaan MAPSI antara lain Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes H Fajarin Mag, Ketua Dekranasda Kabupaten Brebes Dr Drs H Warsidin MH, Staf ahli Bupati Brebes bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Untung Rizaludin, staf ahli Bupati Brebes bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir M Furqon Amperawan MP Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Brebes Misbahudin Rois MPd, para kepala sekolah, dewan juri dan peserta MAPSI SMP. (*)

Share this article :