Home » , » Tekan Angka Kecelakaan, Polres Tegal Kota Gelar Operasi Zebra Candi 2022

Tekan Angka Kecelakaan, Polres Tegal Kota Gelar Operasi Zebra Candi 2022

Written By suararakyat on Monday, October 3, 2022 | 3:56 PM


Tegal,(suararakyattegal.com),- Kapolres Tegal Kota memimpin langsung kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2022 bertempat dihalaman Mapolres, Senin (3/10/2022) pagi.


Kapolres AKBP Rahmad Hidayat, S.S, dalam amanatnya menegaskan bahwa tidak ada razia stasioner selama Operasi Zebra Candi 2022, kecuali jika ada pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan menimbulkan korban jiwa.


"Ada tiga poin yang menjadi fokus kami dalam operasi zebra candi 2022. Yakni, Edukasi secara humanis, penegakan tilang dilakukan dengan ETLE dan tidak ada razia yang dilakukan secara stasioner kecuali ada pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa," terang AKBP Rahmad Hidayat.


Kapolres juga menambahkan, dalam penegakan, personel Satlantas Polres Tegal Kota akan mengoptimalkan aplikasi HP. 


Sesuai instruksi Kapolda Jateng, penindakan dilakukan dengan menggunakan kamera HP melalui aplikasi. Kemudian, dari pelanggaran tersebut, petugas membuat surat tilang yang selanjutnya dikirimkan ke alamat si pelanggar," imbuh Kapolres.


Operasi Zebra Candi 2022 dimulai hari ini tanggal 3 Oktober hingga tanggal 16 Oktober 2022 mendatang. Meskipun tidak ada penilangan, anggota wajib melakukan edukasi dan penegakan secara humanis kepada masyarakat untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.


Sementara Kasat Lantas AKP Mustakim menyampaikan, ada Tujuh sasaran prioritas pada Operasi Zebra Candi 2022, yakni pengendara yang menggunakan Handphone saat berkendara, pengendara dibawah umur, berboncengan dengan sepeda motor lebih dari satu orang.


Kemudian, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas serta berkendara melebihi batas kecepatan.


"Kami mengimbau dan mengajak masyarakat Kota Tegal untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 dengan selalu tertib berlalu lintas," ujar Kasat Lantas.


Lebih lanjut Kasat Lantas menjelaskan, mekanisme penindakan pada Operasi Zebra Candi 2022 di Kota Tegal dilakukan menggunakan tilang elektronik.


"Namun untuk pelanggaran kasat mata terlebih di malam Minggu, kami akan menggunakan tilang manual," pungkas Kasat Lantas. Tio(r)

Share this article :