Home » , » Antisipasi Bencana BPBD Kabupaten Brebes Gelar Rapat Koordinasi

Antisipasi Bencana BPBD Kabupaten Brebes Gelar Rapat Koordinasi

Written By suararakyat on Tuesday, November 1, 2022 | 1:47 PM


Bumiayu,(suararakyattegal.com),-  Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Badan Penanggulaan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Brebes menggelar rapat koordinasi Kabupaten Brebes Tahun 2022-2023, guna untuk antisipasi bencana alam yang sudah memasuki musim penghujan, bertempat di Aula Pendopo 2 Bumiayu Kabupaten Brebes, Senin (30 /10)


Dalam acara rapat koordinasi dihadiri oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, SE. MH, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki, Kapolres Brebes diwakili Kabag Ops AKP Dodiawan, SIK, MH, Kepala pelaksana BPBD Kab. Brebes Ir H Nushy Mansur, MSc, jajaran Camat, Kapolsek, Danramil se-Kabupaten Brebes dan sejumlah Kepala OPD terkait dan tamu undangan.


Kepala BPBD Kabupaten Brebes Ir Nushy Mansur MSc menyampaikan, dalam kesempatan rapat kali ini, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Tegal dan pihak terkait yang sudah memberikan waktu menghadiri acara tersebut, mudah mudahan dalam rapat ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menyatukan gerak  langkah dalam penanggulangan bencana alam, mengingat musim penghujan yang sudah menimbulkan berbagai macam bencana," ucapnya.


Lanjut Mansur, Allhamdulillah Bupati Brebes sudah menganggarkan untuk peralatan bencana alam cukup besar untuk mengatasi bencana diantara lain tanah longsor, tanah bergerak, angin kencang, seperti di desa yang sedang mengalami musibah bencana alam, sudah mendapat penanganan dari pemerintahan maupun dari PMI, BPBD yang bekerjasama dengan SAR dan Baznas Kabupaten Brebes untuk penanggulangan bencana terutama pertolongan, dan penyaluran bantuan kemanusian baik relawan, makanan dan lainnya. Selain itu sudah ada beberapa telah membuat dapur masak untuk menyediakan makanan bagi terkena musibah bencana alam", ungkapnya.


Bupati Brebes H Idza Priyanti SE MH dalam sambutannya menyampaikan, acara ini sangat mengapresiasi dan luar biasa, pagi hari ini telah melaksankan gelar kesiapsiagaan bencana penanggulaan yang dilakukan di wilayah Kabupaten Brebes, dilanjut acara rapat Koordinasi penanggulaan bencana alam. Rencana nantinya dalam acara tersebut ada narasumber yang akan memaparkan dan menjelaskan dibantu Dandim 0713/Brebes dan Kapolres Brebes yang akan menyampaikan tentang bencana alam dan kesiapsiagaan dalam penanganan dan pencegahan disaat melakukan pekerjaan saat di lapangan, tandasnya.


Lanjut Idza, untuk penanaman pohon khususnya di wilyah Brebes Selatan selama ini belum maksimal atau belum optimal, karena banyak pohon yang kita tanam mengalami kerusakaan. 


Idza berharap, dalam pertemuan ini kepada seluruh tamu undangan yang hadir agar ikut mendukung dan mensukseskan untuk antisipasi  bencana alam memasuki musim penghujan di Kabupaten Brebes  Tahun 2022-2023, agar tidak terjadi lagi bencana alam, banjir dan longsor, khususnya di wilayah Kabupaten Brebes. Kita harus jaga alam dan juga jaga diri kita biar tetap sehat.


Ia menambahkan, untuk penanaman pohon di Kabupaten Brebes masih rawan bencana longsor, mudah mudahan di tahun ini tidak lagi terjadi bencana yang tidak di inginkan, seperti yang terjadi di tahun sebelumnya," pungkasnya. Rizal(r)

Share this article :