Home » , » Presiden Jokowi Lawatan Guna Melihat Secara Langsung Ketersediaan Pangan di Jawa Tengah

Presiden Jokowi Lawatan Guna Melihat Secara Langsung Ketersediaan Pangan di Jawa Tengah

Written By suararakyat on Wednesday, January 3, 2024 | 7:14 PM


Tegal,(suararakyattegal.com),- Orang Nomor Satu di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo melakukan lawatan atau kunjungan kerja ke beberapa kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya dalam kunjungan kerjanya ke Bulog yang ada di Kabupaten Tegal guna memastikan stok ketersediaan beras tercukupi, Rabu (03/01).


Jokowi dalam lawatannya didampingi beberapa Menteri diantaranya Menteri PUPR, Menteri Pertanian, Menteri Perhubungan, Menteri Tenaga Kerja, dan didampingi Panglima TNI, Kepala Badan Pangan Nasional, Pimpinan Bulog Wilayah Jawa Tengah, Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, dan disambut meriah masyarakat Kabupaten Tegal saat tiba di Bulog Munjungagung Kabupaten Tegal.

Pada kesempatan ini kurang lebih 1.000 warga dari 4 Desa yaitu Desa Munjungagung, Desa Padaharja, Desa Bongkok, dan Desa Babakan.

Seperti biasa, Presiden Joko Widodo disela sambutannya memberikan pertanyaan kepada Dua warga yang bisa atau hafal Pancasila, dan memberikan hadiah berupa 2 buah sepeda kepada Dua orang yang bisa menjawab, sekaligus menyalurkan secara simbolis bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Tegal.

Jokowi menjelaskan, sekarang dapat, dan di bulan Februari, Maret juga dapat bantuan yang sama. Dan nanti kalau APBN nya mencukupi dilanjutkan lagi ke April, Mei dan Juni,” ujar Jokowi.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengatakan, “Saya bersama Pak Dirut Bulog tadi berjalan dari beberapa tempat salah satunya Bulog di Purwokerto, kalau kemarin di Cilacap hari ini di Tegal untuk memastikan stok tercukupi, kemudian bantuan pangan dan beras ini yang memasuki hari kedua.

Bapak Presiden ingin memastikan bahwa bantuan pangan ini terus berjalan, tandas Arief

Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menyampaikan, “Di Jawa Tengah saat ini stoknya yang tersedia adalah 155.000 ton baik yang ada didalam gudang maupun yang sedang dalam perjalanan atau bongkar muat, tapi semua sudah di Jawa Tengah. Dan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan pangan maupun Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) Jawa Tengah sampai dengan kira-kira bulan Mei dan Juni, itu juga belum memperhitungkan bahwa kita akan menyerap pada saat panen raya nanti.

Bayu menambahkan, Panennya diharapkan mulai akhir Maret dan April, jadi Bulog juga akan menyerap dari dalam negeri guna memperkuat stoknya,” harap Bayu.

Usai kunjungannya di Bulog Munjungagung Kabupaten Tegal, Presiden Joko Widodo bersama rombongan bertolak menuju Kabupaten Brebes guna meresmikan jembatan (Kali Pemali) dan dilanjut menuju ke Cirebon Jawa Barat. Tio(r)

Share this article :